Fashion

 

Cegah Depresi Dengan Rutin Olahraga

 

Hidup di kota-kota besar, sibuknya pekerjaan Anda, target yang harus dicapai dalam pekerjaan Anda, masalah keluarga, bisa membuat tekanan dan beban hidup semakin tinggi. Hal ini pada akhirnya dapat menimbulkan perasaan tertekan dan stres, yang ujung-ujungnya adalah depresi.
Depresi dapat diartikan sebagai kondisi kelainan suasana hati, yang menyebabkan perasaan sedih dan kehilangan minat terus-menerus atau tidak mood, sehingga dapat memicu berbagai masalah fisik maupun psikis.

Tak melulu dengan obat, depresi ternyata bisa dicegah dengan rutin berolahraga.
Penelitian yang diumumkan melalui jurnal The American Journal of Psychiatry mengungkapkan bahwa depresi memiliki hubungan yang erat dengan gangguan di tubuh maupun otak. Jika seseorang dalam fase depresi maka ada bagian susunan syaraf yang bekerja dengan aktif (syaraf simpatis). Itu membuat detak jantung lebih cepat, berkeringat dan sering membuat orang tersebut bertambah cemas atau takut.
Dengan berolahraga, ada bagian syaraf yang membuat otak dan tubuh rileks (syaraf parasimpatis). Hal ini membuat tubuh bisa menjadi rileks, pencernaan menjadi bagus, dan detak jantung menjadi stabil.

Jenis dan durasi olahraga untuk cegah depresi
Untuk benar-benar mencegah depresi dan gangguan mental sejenisnya, olahraga yang dipilih bisa berupa aerobik seperti joging, berenang, bersepeda, dan jalan kaki. Ini karena The Journal of Clinical Psychiatry menjelaskan bahwa jenis olahraga tersebut dapat melancarkan peredaran darah ke otak, sehingga dapat membuat pusat pengaturan motivasi, mood, sistem pengaturan emosi, insting bertahan, dan memori, serta sistem pengaturan pusat memori dapat berfungsi dengan lebih baik.
Terkait durasi olahraga untuk cegah depresi, peneliti memberikan saran bahwa Anda perlu melakukannya selama 30 hingga 60 menit sebanyak tiga hingga lima kali dalam seminggu.
Jadi, jika Anda tak ingin depresi, tak ada salahnya untuk berolahraga secara rutin dan teratur mulai saat ini. Jangan lupa untuk mengombinasikan olahraga yang Anda pilih dengan penerapan gaya hidup sehat, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang setiap hari, hindari rokok maupun konsumsi alkohol, serta selalu penuhi waktu istirahat setiap hari.

Tuhan Yesus memberkati.


dr. Agustina Karianto