Fashion

Berpikir Positif

Percayalah pada diri sendiri. Percayalah dengan bijak pada kemampuan Anda dalam menyikapi hidup dan segala tantangannya.” Yuliana Friskida, S.Pd.

 

Sangat disayangkan ketika seseorang gagal hanya karena mengidap inferioritas. Coba Anda bayangkan bisnis yang sedang Anda upayakan sukses tak kunjung sukses hanya karena Anda sangat takut di tolak atau tidak di terima investor. Hanya karena pikiran Anda di kuasai oleh hal buruk akhirnya Anda melewatkan banyak kesempatan mendapatkan investor.

Suatu hari saat mengajar di kelas teater, saya meminta salah seorang murid untuk melakukan gerakan yang sangat sederhana. Sayang sekali, anak tersebut terlihat memiliki kemampuan namun dia dikuasai oleh perasaan inferior yang akhirnya membuat dia tidak melakukan apapun.

Inferior adalah suatu penyakit yang membuat anda tidak bahagia dan mengganggu pencapaian harapan Anda pada diri sendiri. Menurut pemahaman umum, pengertian inferioritas itu adalah minder. Dalam kamus bahasa Indonesia, inferioritas itu diartikan dengan rasa rendah diri. Inferioritas adalah perasaan yang relatif tetap (persistent) tentang ketidakmampuan diri atau munculnya kecenderungan untuk merasa kurang atau menjadi kurang, self diminishment (Encyclopedia Britannica: 2006).

Norman Vincent Peale mengatakan rahasia terbesar untuk menghapus kompleks inferioritas atau keraguan diri yang mendalam adalah dengan mengisi pikiran Anda hingga luber dengan kepercayaan diri. Kembangkan iman yang luar biasa kuat kepada Tuhan dan itu akan memberikan Anda kepercayaan yang sederhana namun kuat kepada diri Anda sendiri.

Alkitab banyak memberikan kekuatan agar kita menjadi lebih percaya diri jika kita menghidupi dan mempercayainya. Sebagai contoh “Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.” (Filipi 4:13). Jika seseorang benar-benar menghayati kalimat ini, merenungkan dan mengimaninya maka kalimat ini akan sangat bekerja pada diri seseorang dalam mengolah kepercayaan dirinya menghadapi segala sesuatu.

Pahami kemampuanmu dirimu dengan baik, jangan merasa minder hanya karena takut gagal dan dipermalukan. Jika berhasil hari ini itu bagus! Jika gagal maka masih ada hari esok yang hendak di buat berhasil. Pikirkan segala sesuatu dari sudut pandang yang positif! Maka kita akan mendapatkan segala yang baik. Tuhan Yesus memberkati!

 

Ditulis oleh:


Yuliana Friskida, S.Pd.